Header Ads

Breaking News

Seram! 5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat

Seram! 5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat

Seram! 5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat

Kamu pernah ngebayangin nggak apa jadinya kalau bumi berputar dua kali lebih cepat dibandingkan sekarang? Apa jadinya semua manusia di bumi ya? Hanya dalam beberapa detik saja, manusia mungkin tidak bernyawalagi. Bahkan semua bangunan yang ada di bumi akan roboh dalam sekejap mata.
Kalau bumi berputar dua kali lebih cepat, satu hari yang harusnya 24 jam pun berubah menjadi 12 jam ya. Agak menyeramkan juga ya. Tapi, apakah benar kalau bumi bisa berputar dua kali lebih cepat? Kira-kira apa saja yang akan terjadi ya?

Seram! 5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Bumi Berputar Dua Kali Lebih Cepat

1. Gravitasi Lebih Ringan

No Gravity
Menurut teori, gravitasi bumi di setiap wilayah itu berbeda-beda. Misalnya, di Indonesia*". Letak Indonesia yang berada tepat di dekat **garis ekuator membuat gaya gravitasi bumi jauh lebih cepat, yaitu 1.670 km / jam. Sedangkan kalau ditarik ke bagian Kutub Utara atau Selatan, maka gravitasi bumi berubah menjadi 1.037 km / jam.
Pada titik gravitasi yang ringan seperti inilah kamu akan merasa kalau berat badanmu sangat ringan, seringan kapas. Kamu dapat melayang-layang ke mana pun kamu mau. Sedikit menyeramkan ya, Sob! Tapi seru juga kalau berat badan bisa seringan kapas

2. Jet Lag

Saat dunia berputar dua kali lebih cepat, kamu akan merasakan waktu juga berputar dua kali lebih cepat dari biasanya. Satu hari yang biasanya terdiri dari 24 jam dapat berubah menjadi 12 jam saja per hari.
Apa pun yang kamu lakukan akan berlalu sangat cepat. Bahkan waktu untuk tidur pun sedikit terganggu karena waktumu lebih singkat dibandingkan saat bumi berputar dalam keadaan normal.

3. Musnahnya Hewan Nokturnal

Kelelawar
Hewan nokturnal adalah hewan yang beraktivitas di malam hari dan beristirahat di siang hari. Contohnya, burung hantu. Apabila waktu berlalu lebih cepat, dapat dipastikan kalau hewan-hewan nokturnal tersebut akan musnah secara perlahan. Kenapa? Karena hewan tersebut sulit beradaptasi pada perubahan waktu yang terjadi di bumi.
Selain hewan, kualitas hidup tumbuhan bahkan manusia pun menjadi terganggu karena makhluk hidup butuh penyesuaian yang cukup lama untuk mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang baru.

4. Pembaharuan Siklus

Pembaharuan Siklus
Apabila 1 hari = 12 jam, maka 1 tahun bukan lagi 365 hari, melainkan 730 hari. Hal ini akan mengakibatkan adanya pembaruan siklus pencatatan kalender. Selain itu, jadwal penerbangan juga akan berubah karena kecepatan mata angin juga akan berubah secara langsung seiring dengan berubahnya kecepatan perputaran bumi.
Apabila bagian statistika tidak mampu menyusun dan menetapkan jadwal penerbangan dengan baik, peristiwa jatuhnya pesawat mungkin akan menjadi trending topic yang paling banyak dibahas setiap hari. Sungguh menyeramkan ya!

5. Bencana Alam

Bencana Alam
Jika bumi berputar dua kali lebih cepat, maka gelombang air laut juga akan meningkat. Hal ini akan menyebabkan terjadinya bencana alam. Daerah yang memiliki lempengan rendah, seperti Indonesia dan sebagian negara di Afrika kemungkinan besar akan tenggelam. Karena putaran gaya gravitasi di daerah sekitar garis ekuator akan bertambah besar.
Selain itu, kecepatan angin juga akan meningkat drastis. Sehingga peristiwa seperti angin puting beliung atau tornado pun akan sering terjadi di bumi. Ditambah lagi munculnya kabut di sepanjang garis ekuator yang diprediksi terjadi sekitar 15 jam per hari.

Kesimpulan

Bumi tidak mungkin berputar dua kali lebih cepat karena letak antara bumi dan bulan sudah berada di titik yang paling pas. Kalau pun hal ini terjadi, mungkin kamu sudah tidak ada di dunia ini lagi, Sob! Karena peristiwa yang ada kaitannya dengan gravitasi dan perputaran bumimemakan waktu yang cukup lama, mencapai ribuan bahkan ratusan tahun.

No comments