Header Ads

Breaking News

Mitos Ngecas HP Semalaman Berbahaya, Benar Atau Salah?

Mitos Ngecas HP Semalaman Berbahaya, Benar Atau Salah?

Mitos Ngecas HP Semalaman Berbahaya, Benar Atau Salah?

Salah satu waktu favorit ngecas smartphone ialah pada malam hari. Tinggal tidur, besoknya baterai penuh dan siap menemani aktivitas kamu.
Namun dari dulu banyak yang bilang kalau ngecas smartphone ditinggal tidur alias semalaman itu berbahaya, berpotensi overheat, dan bisa merusak baterai.
Kamu mungkin masih penasaran, benar atau salah sih? Semoga penjelasan dari Jaka tentang mitos ngecas hp semalaman ini bisa mengobati rasa penasaran kamu, simak ya.

Mitos Ngecas HP Semalaman Berbahaya, Benar Atau Salah?

Smartphone Itu Cerdas, Begitu Pula Baterainya

mitos-ngecas-hp-semalaman-1
Namanya juga smartphone, ponsel pintar kamu cerdas, begitu pula baterainya. Boleh dibilang kamu nggak perlu ambil pusing dan khawatir memikirkan cara merawat baterai smartphone yang baik dan benar.
Menurut CEO iFixit, Kyle Wiens, perusahaan Amerika Serikat yang fokus memberikan panduan untuk reparasi smartphone. Masalahnya bukan pada bagaimana proses pengisian, tetapi tentang siklus pengisian baterai itu sendiri.

Ini Semua Tentang Siklus Pengisian Baterai

mitos-ngecas-hp-semalaman-2
Baterai smartphone rata-rata memiliki kapasitas 400 kali siklus pengisian daya. Artinya jika dihitung rata-rata satu hari sekali mengisi daya, kualitas baterai bakal terjamin selama satu setengah tahun bahkan lebih. Setelah itu, perlahan-lahan kualitas baterai mungkin bakal menurun.
Jadi, kesimpulannya nggak masalah jika kamu ngecas smartphone sampai baterai penuh, entah itu siang atau malam, tidak akan memengaruhi kualitas baterai. Meski begitu, pastikan kamu selalu menggunakan charger yang asli dan taruh smartphone di tempat yang aman untuk mencegah overheat.
Seperti yang Apple peringatkan di situsnya, baterai berbasis lithium yang digunakan pada smartphone modern dapat terdegradasi oleh panas yang berlebihan.
Nah kalau ingin baterai smartphone kamu awet, pastikan menjaga siklus pengisian daya. Salah satu caranya, dengan menggunakan smartphone secara bijak.

No comments