Header Ads

Breaking News

Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Jepang, Tak Seindah Dorama

Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Jepang, Tak Seindah Dorama!

 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Jepang, Tak Seindah Dorama!

Siapa di antara kamu yang enggak tertarik dengan kebudayaan Jepang? Apalagi dengan deretan manga, anime dan dorama populer, kamu pastinya ingin mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat Jepang di sana bukan?
Namun faktanya, kehidupan masyarakat Jepang enggak seindah yang kamu bayangkan loh.
Berikut Jaka akan mengulas 10 fakta mencengangkan kehidupan masyarakat Jepang yang wajib kamu ketahui.

10 Fakta Mencengangkan Kehidupan Masyarakat Jepang

Jepang memang menjadi salah satu negara di Asia yang cukup mengundang perhatian dunia. Pasalnya, dengan berbagai hiburan serta inovasi teknologi, negara ini bisa menjadi cukup diperhitungkan loh.
Mau tahu fakta kehidupan masyarakat Jepang? Simak terus artikel Jaka berikut ya!

1. Mayoritas Penduduk Jepang Atheis

Mayoritas Penduduk Jepang Atheis
Sumber foto: dw.com
Tahu enggak kalau mayoritas penduduk di Jepang adalah atheis alias tidak bertuhan? Nah, dilansir dari DW, sebagian besar penduduk Jepang menganut kepercayaan etnis Shinto alias agama para dewa.
Karena hal itulah, sekitar 31% penduduk Jepang bahkan mengklaim dirinya sebagai ather guys.

2. Hikikomori pada Kalangan Pria

Hikikomori
Sumber foto: bbc.com
Hikikomori dapat diartikan sebagai seseorang yang mengasingkan dirinya dari kehidupan sosial dan lebih memilih untuk tinggal di dalam rumah bahkan kamarnya sendiri.
Setidaknya sekitar 7% laki-laki Jepang melakukan hikikomori. Umumnya hal ini diakibatkan para laki-laki kesulitan mencari pekerjaan dan lebih memilih bergantung pada orang tua.

3. Karyawan Diperbolehkan Tidur Siang di Kantor

Karyawan Diperbolehkan Tidur Siang di Kantor
Sumber foto: theculturetrip.com
Walaupun dinilai memiliki semangat kerja yang tinggi, para atasan memilih untuk memperbolehkan karyawan Jepang untuk tidur siang di kantor loh.
Selagi mereka dapat bekerja keras demi kemakmuran kantor, apa salahnya untuk tidur siang sejenak kan?

4. Pekerja Tertidur di Jalanan adalah Hal Biasa

Pekerja Tertidur di Jalanan
Sumber foto: boredpanda.com
Nah, karena semangat kerjanya yang tinggi enggak mengherankan apabila para karyawan di sana memilih untuk lembur bahkan melebih waktu kerja normal.
Maka saat malam hari, kamu bakal menemukan banyak pekerja yang tertidur di tempat umum, seperti jalanan atau stasiun untuk beristirahat sejenak.

5. Pekerjaan Unik Merajalela

Pekerjaan Unik
Sumber foto: jpninfo.com
Selain pekerja kantoran, di Jepang ternyata banyak pekerjaan unik yang merajalela. Salah satunya adalah caf bernama cuddle yang berisi wanita Jepang yang imut abis.
Lalu apa yang mereka lakukan? Tugas mereka adalah untuk menemani jomblo untuk sekadar ngobrol bareng atau tiduran bareng loh.

6. Dilarang Naik Eskalator di Sebelah Kanan

Dilarang Naik Eskalator di Sebelah Kanan
Sumber foto: triplelights.com
Semuanya di Jepang harus berjalan dengan cepat dan efisien. Makanya saat di jalanan, apalagi saat jam sibuk, kamu bakal menemui banyak orang berjalan dengan cepat.
Nah, makanya kenapa kamu dilarang untuk naik eskalator di sebelah kanan. Kalau kamu hanya berdiam diri saja, lebih baik berdiri di sebelah kiri. Karena sisi kanan hanya untuk mereka yang terburu-buru guys.

7. Jalanan Tidak Memiliki Nama

Jalanan Tidak Memiliki Nama
Sumber foto: momondo.com
Enggak seperti di Indonesia yang setiap jalan memiliki nama tersendiri, di Jepang jalanan hanya ditandai dengan nomor saja.
Wah bakal kesulitan bagi para kurir barang di sini untuk mengirim paket. Hal ini karena yang diberi nama hanya prefekturkota dan kabupaten saja loh.

8. Adopsi Orang Dewasa untuk Warisan

Adopsi Orang Dewasa untuk Warisan
Sumber foto: rappler.com
Budaya kerja yang tinggi menyebabkan banyak dari mereka memilih untuk enggak memiliki keturunan. Namun, apa jadinya dengan warisan yang nanti mereka tinggalkan?
Salah satu jalannya adalah dengan melakukan adopsi. Bukan adopsi anak-anak, melainkan orang dewasa untuk mewarisi bisnis yang bakal terus dijalankan olehnya.

9. Taat Peraturan dan Tertib

Taat Peraturan dan Tertib
Sumber foto: tropicalislands.de
Hal ini mungkin sudah umum kamu sadari dari kehidupan masyarakat Jepang. Orang Timur seperti di Jepang memegang teguh budaya dari leluhur mereka.
Salah satunya adalah dengan mematuhi tata tertib di mana pun mereka berada. Saat di jalan mereka akan patuh pada aturan lalu lintas atau sekadar antre saat berbelanja di swalayan.

10. Camilan KitKat yang Memiliki Beragam Rasa Unik

Camilan KitKat
Sumber foto: bokksu.com
Jangan bilang ke Jepang kalau belum pernah mencicipi beragam camilan yang punya berbagai rasa. Salah satunya adalah KitKat yang sangat terkenal di sana.
Bukan hanya sekadar rasa cokelat saja. Di sini kamu bisa merasakan KitKat dengan cita rasa Jepang, seperti rasa pisanggula merahteh hijau dan masih banyak lagi.

No comments