Header Ads

Breaking News

Awas! Ini 5 Bahaya Sering Mengantongi Smartphone

Awas! Ini 5 Bahaya Sering Mengantongi Smartphone

Awas! Ini 5 Bahaya Sering Mengantongi Smartphone

Smartphone kini memang jadi salah satu benda terpenting yang wajib dibawa ke mana dan kapanpun. Biasanya, kita yang membawa tas (terutama wanita) akan meletakkan smartphone di dalamnya kala berpergian. Tapi, tak sedikit orang yang masih meletakkannya di kantong celana.
Ya, kebiasaan itu masih dilakukan sebagian orang meski smartphone kini banyak berukuran besar. Selain tak nyaman, hal itu nyatanya bisa berdampak negatif. Berikut ulasan lima bahaya mengantongi smartphone.

5 Bahaya Mengantongi Smartphone Secara Rutin

1. Nyeri di Bagian Tubuh Sekitar Kantong

Kamu punya smartphone berukuran besar (5 inci ke atas) plus celana jeans super ketat, serta punya kebiasaan memasukkan smartphone ke dalam kantong, maka kamu sudah memenuhi semua syarat yang diperlukan untuk mengalami risiko yang pertama.
bahaya-mengantongi-smartphone-1
Ya, kamu berpotensi terkena nyeri di beberapa bagian tubuh sekitar kantung celana. Sebuah penelitian dari Consumer Reports mengamini hal tersebut. Menurut para pakar di sana, tekanan yang disebabkan oleh smartphone dalam kantong akan menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan di paha, pinggul dan pinggang kamu.

2. (Tak Sengaja) Melakukan Panggilan Darurat

Sebagian besar smartphone menyediakan fitur panggilan darurat yang bisa dilakukan kala smartphone masih dalam keadaan terkunci. Hal ini bisa jadi salah satu bahaya yang ditimbulkan dari seringnya meletakkan smartphone di dalam kantong celana.
bahaya-mengantongi-smartphone-2
Tekanan yang ditimbulkan dalam kantong bisa membuat smartphone secara gak sengaja melakukan panggilan darurat. Hal itu ternyata bukan hal sepele lho. Di Amerika Serikat, tepatnya di San Francisco, 30% panggilan darurat terjadi akibat ketidak sengajaan. Hal ini membuat polisi dan pihak kemanan setempat melakukan pekerjaan sia-sia.

3. Kerusakan Smartphone

bahaya-mengantongi-smartphone-3
Sumber foto: Sumber: The Verge
Hal ini tentunya tak perlu lagi penjelasan lebih ya. Smartphone yang sering mengalami tekanan secara rutin dan berada dalam suhu kantong yang panas dalam jangka waktu lama, maka potensi kerusakan akan semakin besar. Belum lagi jika si pengguna termasuk tipe yang tak bisa diam.

4. Masalah Kesehatan Lebih Serius, Termasuk Kemandulan

bahaya-mengantongi-smartphone-4
Selain nyeri di bagian tubuh sekitar kantong celana, seringnya mengantongi smartphone juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lebih serius. Panas yang dihasilkan smartphone nyatanya memang memberi dampak, baik secara langsung atau tidak langsung. Bahkan untuk pria, ada risiko kemandulan akibat panas smartphone yang bisa menyerang testis.

5. Terbakar

bahaya-mengantongi-smartphone-5
Bahaya yang terakhir ini sesuai dengan judulnya, alias terbakar secara harafiah. Ya, dalam beberapa kasus ditemukan smartphone panas hingga terbakar dalam kantong celana penggunanya. Hal ini biasanya terjadi bagi pengguna yang menaruh smartphone di kantong belakang.

No comments