Header Ads

Breaking News

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

Smartphone kini jadi hal wajib yang harus kamu miliki. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, smartphone bisa menjadi berbagai peran pendukung untuk membuat aktivitasmu lebih lancar. Gak cuma itu, smartphone kini juga telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan pokokbagi sebagian masyarakat.
Akan tetapi, ternyata dibalik smartphone tersimpan berbagai macam fakta-fakta yang menarik lho. Cobalah simak tujuh fakta unik smartphone berikut ini.

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

1. Sensor Pendeteksi Wajah Kian Populer

Apakah kamu memiliki smartphone dengan sistem deteksi wajah? Kecanggihan teknologi ini membuat kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memasukkan pola ataupun PIN pada smartphone yang dimiliki.
fakta-smartphone-1
Semakin bertambah tahun, semakin banyak pengguna smartphone yang memilih ponsel dengan teknologi sensor wajah ini. Tidak heran jika smartphone dengan fitur face detector menjadi idola baru di pasaran. Memang sih, sensor deteksi wajah ini bisa membuat pengguna smartphone lebih praktis dan efisien.

2. Smartphone Lebih Banyak Digunakan Untuk Bermain Game

Fakta unik lainnya datang dari kegunaan smartphone. Ada sebuah survei yang menyebut bahwa sekitar 49% dari pengguna smartphone cenderung untuk gaming. Memang sih, sekarang ini banyak pengguna smartphone yang tergila-gila dengan game seperti COC, Mobile Legends dan lainnya.
fakta-smartphone-2
Lalu ke manakah sisa pengguna smartphone yang lainnya? Hampir sekitar 30% di antara penggunanya memanfaatkan smartphone untuk berkomunikasi lewat jejaring sosial ataupun hanya sekedar melakukan aktivitas jual beli online.

3. Kebanyakan Orang Membuka Gembok Layar Minimal 15 Kali Dalam Sehari

fakta-smartphone-3
Fakta unik tentang smartphone lainnya adalah seseorang biasanya membuka gembok layar minimal 15 kali dalam satu hari. Jadi, tanpa disadari, pastinya kamu pernah melakukan buka kunci layar smartphone lebih dari 15 kali dalam sehari. Bukankah ini cukup menarik? Memang sih hal ini kadang bisa menjadi kebiasaan yang cukup lucu dan unik.

4. Sebagian Besar Malware Mobile Ditujukan Untuk Pengguna Android

fakta-smartphone-4
Tahukah Anda bahwa ternyata smartphone memang cukup rentan terkena serangan virus atau malware? Ada sebuah laporan yang menjelaskan bahwa hampir 98% malware memang sengaja dibuat untuk para pengguna Android. Jadi, dapat dikatakan bahwa pengguna Android lah yang paling rentan terhadap serangan malware ini. Berbahaya, kan?

5. Jumlah Pengguna Smartphone Lebih Besar Dibandingkan Kepemilikan Toilet

Fakta unik tentang smartphone yang mengesankan datang dari jumlah pengguna smartphone. Ternyata orang-orang di seluruh dunia cenderung lebih senang memiliki smartphone dibandingkan memiliki toilet pribadi.
fakta-smartphone-5
Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh PBB bahwa hampir enam miliar dari tujuh miliar orang di dunia ini memiliki smartphone pribadi. Sebaliknya, hanya sekitar 4,5 miliar saja yang memiliki toilet pribadi. Wow!

6. Lolos Jaringan 4G Di Indonesia Berarti Lolos TKDN

Tahukah kamu bahwa ponsel-ponsel 4G harus lolos TKDN untuk bisa diperjualbelikan di Indonesia? Peraturan tentang TKDN ini memang ditujukan agar Indonesia tidak mengalami kerugian akibat banyaknya konsumen yang membeli smartphone 4G secara bebas.
fakta-smartphone-6
Jadi, para vendor smartphone harus menggunakan komponen, jasa, dan produk yang berasal dari dalam negeri untuk merakit ponsel. Tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan nilai TKDN yang tinggi agar ponsel bisa diperjualbelikan di negara Indonesia.

7. Lebih Dari Separuh Pengguna Smartphone Tidak Mendownload Aplikasi Selama Satu Bulan

fakta-smartphone-7
ComScore melaporkan bahwa dari keseluruhan pengguna smartphone, hanya sekitar **35% saja*" yang aktif download aplikasi dalam satu bulan. Artinya, lebih dari lima puluh persen pengguna smartphone lebih memilih bersikap pasif dengan cara tidak mendownload aplikasi.

8. Android Menjadi Sistem Operasi Yang Paling Populer Di Indonesia

Tentu saja kamu mengenal bahwa ada berbagai macam sistem operasi yang digunakan pada smartphone. Ternyata dari sekian banyak sistem operasi yang ada di Indonesia, Android tetap memegang kendali dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Hal itu didukung dengan riset Statista, sebanyak 65,92% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan OS Android.

Akhir Kata

Itulah delapan fakta unik seputar smartphone yang belum dan perlu kamu ketahui. Dari delapan di atas, fakta mana yang paling mengejutkan kamu? Atau kamu justru sudah mengetahui beberapa di antaranya? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

No comments