Header Ads

Breaking News

6 Aplikasi Keamanan Android Untuk Menghindari Pencurian Data

6 Aplikasi Keamanan Android Untuk Menghindari Pencurian Data

10 Cara Jitu Menjaga Keamanan HP Android Tanpa Harus Menginstall Aplikasi

Berdasarkan riset dari Zscaler, ternyata ada banyak aplikasi yang diam-diam mencuri dan bahkan membocorkan data-data pribadi kita yang tersimpan di memori smartphone. Pasti menyebalkan sekali rasanya bila privasi kita diganggu seperti itu. Dan lagi, pencurian data semacam itu juga bisa mengakibatkan kerugian, misalnya pencurian identitas atau kartu kredit.
Berbagai cara pun perlu dilakukan untuk mengamankan gadget kita, seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Salah satunya adalah dengan menginstal aplikasi khusus yang bisa memonitor aplikasi lain. Sehingga ketahuan jika ada aplikasi unduhanmu yang melakukan pencurian data. Langsung saja, berikut adalah 6 aplikasi android untuk menghindari pencurian data yang bisa kamu instal!

6 Aplikasi Android Untuk Menghindari Pencurian Data

1. Mobilescope

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: Youtube
Aplikasi keamanan Android yang pertama adalah MobileScope. MobileScope adalah aplikasi yang mampu memonitor setiap aktivitas yang dilakukan oleh tiap-tiap aplikasi yang ada di smartphone-mu. Aktivitas yang termonitor pun sangat detail. Sehingga bila ada aplikasi yang diam-diam meng-copy datamu ke jaringan mereka, MobileScope pun dapat mendeteksinya.
Aplikasi ini memang belum bisa menghentikan kegiatan pencurian data tersebut. Namun, setidaknya MobileScope bisa memberimu informasi, bahkan peringatan, bila ada aplikasi yang membocorkan data-data pribadimu. Jika sudab terdeteksi seperti ini, maka jalan terbaik adalah melakukan uninstall pada aplikasi bermasalah tersebut.

2. NowSecure Mobile

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: GoToWebsites
Aplikasi yang kamu instal terkadang membawa malware yang bersembunyi. Malware tersebutlah yang kemudian menginvasi perangkat ponselmu dan mencuri data-data yang tidak seharusnya. Malware tersebut bisa bekerja secara lancar dengan memanfaatkan kelemahan dalam keamanan sistem perangkatmu.
Aplikasi keamanan Android yang satu ini mampu melakukan scan terhadap perangkat secara keseluruhan dan mencari tahu titik-titik mana saja yang lemah atau rentan level keamanannya. Hasil temuannya kemudian akan dilaporkan secara detail sehingga kamu tahu apa yang sebaiknya dilakukan agar ponselmu bisa lebih aman dari gangguan malware pencuri data.

3. Clueful

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: Chip
Kebanyakan pengguna Android tidak tahu apa-apa mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan setiap aplikasi yang di-download-nya. Termasuk bila ada aplikasi yang melanggar privasi. Untuk itulah, kita memerlukan Clueful. Aplikasi keamanan Android yang satu ini akan mengawasi semua macam aplikasi yang terinstal di perangkat kit.
Clueful akan menilai seberapa jauh sebuah aplikasi menghargai data-data pribadimu. Setiap kegiatan akan dilaporkan secara mendetail. Aplikasi ini juga bisa mengurutkan daftar semua aplikasi yang ada dalam perangkatmu dan menyusunnya mulai dari yang paling menghargai privasi hingga yang membocorkan data paling banyak.

4. Skycure

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: Cybersecurity Excellence Awards
Hobi berselancar di WiFi gratisan? Sudah tahu risikonya? WiFi yang dipakai oleh publik secara terbuka memiliki tingkat keamanan yang mudah dibobol. Seorang hacker bisa dengan mudah meretas perangkat dan menguasai data-data pribadimu ketika perangkatmu tersambung dengan koneksi WiFi publik.
Bila kamu memang sering terkoneksi denga WiFi semacam itu, maka kamu perlu Skycure. Aplikasi keamanan Android ini akan melakukan scan terhadap setiap koneksi nirkabel yang tersambung ke perangkatmu.
Sebuah tes akan dijalankan untuk memastikan tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Skycure ini cukup canggih untuk mendeteksi network yang jahat dan menyimpan lokasinya untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama di kemudian hari.

5. NordVPN

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: Cogipas
Salah satu pintu pencurian data yang paling sering digunakan aplikasi jahat adalah melalui kegiatan browsing internet yang kita lakukan. Pada saat browsing itulah, malware pencuri data akan membocorkan data-data pribadi tentang kita ke pihak-pihak ketiga. Semuanya diambil berdasarkan IP address. Untuk mencegahnya, kita bisa mulai membiasakan diri browsing dengan menggunakan VPN alias Virtual Private Network. Menggunakan VPN dapat meminimalisasi jumlah data-data yang bisa dicuri darimu oleh pihak ketiga.
Agar penggunaan VPN lebih praktis dan mudah, gunakan saja aplikasi NordVPN. Aplikasi ini sangat melindungi privasimu dengan cara tidak mencatat browsing data. Aplikasi multi-platform ini bisa menghubungkanmu ke ke lebih dari 450 server di hampir 50 negara agar kamu bisa browsing secara anonim.
Salah satu fiturnya adalah Smart-Play, di mana kamu bisa streaming dengan koneksi cepat tanpa membahayakan keamanan privasimu sendiri.

6. LastPass

masukkan deskripsi gambar disini
Sumber foto: Foto: Dignited
Untuk meningkatkan keamanan, banyak website yang mengatur password penggunanya dengan berbagai syarat. Misalnya, password harus terdiri dari huruf kapital, alfanumerik, simbol, dan sebagainya. Itu semua kerap membuat kita malas mengingat.
Agar tak perlu bingung mengingat password tapi tetap tidak mengorbankan keamanan, kamu perlu aplikasi LastPass. Dalam aplikasi ini, kamu bisa membuat password yang aman dan rumit dan menyimpannya di sebuah kotak yang terenkripsi secara aman.
Aktifkan saja fitur App Fill dan aplikasi ini akan secara otomatis mengisi kotak username dan password setiap kali kamu browsing. Sama praktisnya dengan menyimpan password di browser, namun jauh lebih aman. Aplikasi ini juga bisa membuatkanmu password yang random dan amanserta mengganti password secara otomatis jika dirasa kurang aman.
Nah itulah 6 aplikasi android untuk menghindari pencurian data yang bisa kamu instal di Andoid kamu. Sekarang, sudah tidak perlu risau lagi dengan pencurian data pribadi. Jika ada aplikasi lain yang belum Jaka sebutkan, jangan ragu tulis di kolom komentar ya!

No comments