Header Ads

Breaking News

6 Akuisisi Bernilai Paling Fantastis Dalam Industri Teknologi

6 Akuisisi Bernilai Paling Fantastis Dalam Industri Teknologi

6 Akuisisi Bernilai Paling Fantastis Dalam Industri Teknologi

Perputaran di industri teknologi makin hari makin besar, seiring dengan perkembangan teknologi yang makin pesat. Alhasil, hal ini menjadi angin segar bagi para developer maupun produsen berbagai alat elektronik untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam sejarah tercatat ada beberapa akuisisi dengan nilai yang sangat fantastis. Seperti yang terjadi pada tahun 2014 silam saat Facebook resmi mengakuisisi WhatsAppdengan nilai yang sangat fantastis, yaitu menyentuh angka US$21,8 miliar atau sekitar Rp311 triliun.
Tak hanya akusisi WhatsApp oleh Facebook yang nilainya fantastis, tercatat ada beberapa akuisisi di dunia teknologi yang nilainya tak kalah fantastis. Berikut ini 5 akuisisi industri teknologi 

6 Akuisisi Bernilai Paling Fantastis Dalam Industri Teknologi

1. Tumblr

Marissa Mayer bersama Yahoo mengejutkan beberapa pihak setelah mengakuisisi Tumblr*# pada tahun 2013. Yahoo tercatat mengakuisisi Tumblr dengan nilai sebesar **US$1,1 miliar atau setara dengan Rp 13,4 triliun. Sontak saja banyak yang terkejut dengan keputusan Yahoo yang berani menggelontorkan nilai yang cukup tinggi kepada Tumblr.

2. Motorolla

Lenovo resmi mengakuisisi Motorola dari pemilik sebelumnya, Google Inc. pada bulan Januari tahun 2014 silam. Menurut kabar yang beredar, nilai akuisisi Motorola tersebut mencapai US$2,91 miliar atau setara dengan Rp35,2 triliun. Namun, Lenovo tak langsung membayar lunas, mereka membayar sekitar US$660 juta dalam bentuk tunai dan juga 519 juta lembar saham Lenovo yang nilainya mencapai US$575 juta, sedangkan sisanya senilai US$1,5 miliar dibayarkan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan.

3. Nokia

Siapa sih yang tak kenal Nokia? Produsen ponsel yang paling melegenda ini resmi diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2013 dengan nilai yang tak main-main, mereka mengakuisisi Nokia dengan nilai US$7,17 atau setara dengan Rp 79 triliun. Hal ini tidak mengejutkan lantara saat itu penjualan ponsel Nokia cukup lesu.

4. WhatsApp

Facebook resmi mengakuisisi Whatsapp pada tahun 2014 setelah melalui proses panjang selama delapan bulan. Meskipun saat itu pengguna aktif WhatsApp tidak sebanyak saat ini, namun pihak Facebook melihat peluang menggiurkan dari perkembangan WhatsApp yang digadang-gadang mampu menjadi pengganti SMS, sehingga mereka mantap mengakuisisinya dengan nilai US$19 miliar, namun angka tersebut membengkak menjadi US$21,8 miliar atau setara dengan Rp 311 triliun.
5. LinkedIn
Pada tahun 2016 lalu, Microsoft mengejutkan berbagai pihak karena berani mengakuisisi LinkedIn dengan nilai yang sangat fantastis, tercatat Microsoft berani menggelontorkan US$26,6 miliar atau setara dengan Rp 350 triliun. Salah satu alasan Microsoft berani mengambil tindakan ini lantaran mereka ingin mengembangkan Office 365, aplikasi dari Microsoft Office yang berkerja di ranah cloud yang diklaim akan semakin memanjakan 433 juta pengguna aktif LinkedIn.

6. EMC

EMC adalah perusahaan yang berbasis pada penyimpanan cloud. Bahkan nilai yang digelontorkan Dell untuk mengakuisisi EMC terbilang sangat fantastis, yaitu senilai US$67 miliar ataubsetara dengan Rp 909 triliun. Meskipun banyak yang menilai bahwa Dell terlalu gegabah dengan mengakuisisi EMC, namun hal itu bertujuan untuk melebarkan sayap di dunia penyimpanan cloud yang makin digemari masyarakat.
Itulah nilai akuisisi terbesar sepanjang sejarah dunia teknologi yang nilainya sangat fantastis. Di balik nilai fantastis tersebut, para perusahaan menyimpan strategi bisnis tertentu untuk memajukan bisnisnya.

No comments