Header Ads

Breaking News

4 Cara Smartphone 'Membunuh Dunia', No. 2 Paling Bikin Sedih

4 Cara Smartphone 'Membunuh Dunia', No. 2 Paling Bikin Sedih

4 Cara Smartphone 'Membunuh Dunia', No. 2 Paling Bikin Sedih

Bisakah kamu lepas dari smartphonemu satu hari saja? Kebanyakan orang zaman now akan menjawab tidak bisa karena smartphone sudah menjadi kebutuhan pokokmereka. Segala macam hal bisa dilakukan dengan menggunakan satu smartphone saja. Bersosial media, main game, atau berselancar di internet adalah beberapa yang bisa dilakukan.
Manfaat smartphone ada banyak. Mulai dari komunikasi yang semakin lancar hingga pengetahuan yang semakin mudah didapat melalui smartphone. Tetapi, tahukah kamu bahwa di balik semua manfaat itu, smartphone membunuh dunia? Kok bisa? Yuk, kita lihat langsung guys.

4 Cara Smartphone 'Membunuh Dunia', No. 2 Paling Bikin Sedih

1. Internet Merusak Atmosfer

Atmosfer Bumi Mulai Rusak
Kamu pasti tahu bahwa internet dikendalikan oleh server. Nah, server ini harus berfungsi selama 24 jam. Jika beberapa detik saja server ini tidak berfungsi, maka internet tidak bisa digunakan. Tahu sendiri kan bagaimana rasanya kalau tiba-tiba kehilangan sinyal internet?
Karena harus berfungsi selama 24 jam, maka listrik yang digunakan oleh server ini juga besar. Setiap tahunnya, internet menghasilkan 2% polusi karbon dan menghasilkan 830 juta gas Karbondioksida (CO2). Jumlah ini diperkirakan akan meningkat 3 kali lipat pada tahun 2020. Mengerikan kan?

2. Penderitaan Di Balik Baterai Smartphone

Proses Penambangan yang Merugikan Sekitarnya
Baterai smartphone dibuat dari campuran Graphite, Cobalt, dan Lithium. Tiga komponen utama untuk membuat baterai itu didapatkan dari pertambangan. Proses penambangan itulah yang membuat banyak orang menderita, guys.
Penambangan Graphite di China menghasilkan abu yang meracuni udara dan membunuh tanaman di daerah sekitar tambang. Di Kongo, tambang Cobalt menggunakan tenaga kerja gratisan dengan keamanan yang minim. Selain menggunakan tenaga kerja gratisan, penambangan Lithium di Cili juga merusak alam dan membuat lokasi tambang tidak layak huni. Ga nyangka kan, guys?

3. Racun Di Touchscreen

Racun Di Touchscreen
Zat kimia yang digunakan untuk melapisi touchscreen bernama Z-Hexane. Zat ini sangat beracun dan bisa merusak sistem syaraf. Banyak pekerja di pabrik smartphone mengalami keracunan zat ini karena menghirup dalam jumlah banyak dan waktu yang lama. Kalau kamu sering pusing, mual, gampang capek dan mengalami gangguan syarat, bisa jadi kamu keracunan zat ini.

4. Racun Limbah Smartphone

Danau Racun di Mongolia
Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu bahwa limbah smartphone sangat beracun. Di kota Baotou, Mongolia, limbah pembuatan komponen smartphone meracuni sebuah danau. Di kota ini, tersimpan 70% mineral yang bisa digunakan untuk membuat komponen smartphone. Sayangnya, proses pembuatan komponen dari mineral itu menggunakan zat Cerium yang meracuni danau.
Warga masyarakat di sekitar danau jadi mudah terserang kanker darah (leukimia), migrain dan arthritis karena danau ini jadi sumber air minum. Selain itu, tanaman dan binatang juga langsung mati sehingga masyarakat sana tidak bisa lagi bercocok tanam dan berternak. Ngeri ya, guys?
Itu dia cara smartphone membunuh dunia. Sedih gak sih? Biar makin percaya, langsung aja deh tonton videonya di bawah ini yah!

No comments