Header Ads

Breaking News

12 Istilah Fashion Tapi Tak semua orang paham

Istilah fashion ini kerap muncul tapi tak semua orang paham artinya


Dalam dunia fashion, kita kerap melihat istilah-istilah yang kurang dipahami benar maksudnya. Berbagai istilah dari kata serapan ini memang sulit untuk diubah dalam Bahasa Indonesia. 

Nah, beberapa dari kamu mungkin cukup sering mendengar istilah ini, mungkin paham maksudnya. Tapi susah untuk menjelaskan seperti apa bentuknya. Ya kan?

Biar nggak salah dalam menggunakan istilah-istilah ini, yuk simak 15 istilah fashion yang kerap muncul seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/5).


1. Chic.
foto: elle.com

Chic berasal dari kata Prancis yakni 'chique' yang artinya keterampilan dan keanggunan serta terlihat stylish tanpa menjadi budak fashion.
Pada dasarnya chic sendiri menggambarkan seseorang yang modis, tetapi tidak terikat dengan suatu tren dan bebas mengembangkan kreasinya dalam bergaya. 


2. Haute couture.
foto: forbes.com

Haute couture merupakan istilah Prancis yang artinya high fashion. Konsep haute couture sendiri adalah pakaian yang dipesan khusus dan biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, dijahit dengan sangat detail dan dikerjakan dengan tangan atau handmade. 

Dan sebutan haute couture kini nggak boleh sembarang digunakan. Desainer yang bisa nyebut pakaian mereka haute couture dipilih oleh Chambre Syndicale de la Haute Couture, badan khusus yang dibentuk oleh Pemerintah Prancis.


3. Edgy.
foto: rebelsmarket.com

Istilah edgy kerap digunakan oleh para desainer untuk menggambarkan suatu karakter desain hasil karya mereka. Nah, karya mereka ini biasanya inovatif, orisinil, antimainstream dan menerobos batas-batas konvensional untuk menawarkan hal-hal baru.


4. Monochrome.
foto: fashionfademagazine.co.uk

Monochrome atau monokrom kini menjadi tren warna yang kerap muncul dalam dunia fashion. Monochrome ini identik dengan dua warna, yakni hitam dan putih. 

Namun semakin kemari muncul warna abu-abu sebagai bentuk percampuran dua warna tersebut. Kini gaya monochrome semakin diminati orang-orang karena terkesan simpel dengan hanya tiga warna meskipun berbagai motif.


5. Casual.
foto: lifestylebean.com

Casual sendiri merupakan gaya berpakaian yang dikenakan di waktu santai. Pakaian casual ini selalu identik dengan kaos, celana jeans, sandal atau sepatu sneakers. 


6. Classy.
foto: fashionstylemag.com

Classy memiliki makna berkelas. Gaya classy ini selalu identik dengan barang-barang mahal nan mewah yang biasanya dikenakan orang dari kalangan atas. 

Namun, kini untuk bergaya classy juga bisa diterapkan dengan item yang sederhana. Dengan item sederhana namun pintar dalam memadukannya tanpa harus mengenakan barang KW, penampilan jadi terlihat berkelas.


7. Vintage.
foto: pinterest.com

Istilah vintage sebenarnya ditujukan untuk pakaian atau barang, aksesori dan sepatu yang berumur minimal 20 tahun. Namun, semakin kemari istilah ini kerap digunakan dalam penyebutan gaya fashion yang identik dengan gaya berpakaian 70-an dan 80-an. 


8. Retro.
foto: retrofashionworld.com

Istilah retro berasal dari kata retrospective. Biasanya retro ini ditujukan untuk barang yang dibuat masa kini dan terinspirasi dari era sebelumnya. Retro bisa diartikan sebagai barang yang sudah nggak ngetren lagi, tapi umurnya masih di bawah 20 tahun. 


9. Layering.
foto: pinterest.com

Istilah layering secara harfiah berarti lapisan, namun dalam dunia fashion artinya adalah menumpuk. Maksudnya menumpuk adalah memadukan beberapa item sekaligus untuk menciptakan gaya yang terlihat lebih stylish. 


10. Streetwear.
foto: theidleman.com

Istilah streetwear adalah gaya khas berpakaian jalanan. Streetwear ini menawarkan kesempatan pada siapa pun untuk mengekspresikan kepribadian mereka dalam bergaya di jalanan.


11. Fashionista.
foto: fashionista.com

Istilah ini memiliki arti semua orang yang berkecimpung dalam dunia fashion, termasuk desainer, fotografer, model. Penulis fashion dan siapa pun yang memuja industri fashion. 


12. Oversized.
foto: whowhatwear.com / styleoholic.com

Oversized merupakan salah satu istilah yang kerap digunakan dalam penamaan suatu item fashion. Oversized sendiri bermakna kebesaran atau melebihi ukuran yang seharusnya. 

No comments